Sabtu, 04 Oktober 2014

Laporan Praktikum Faal "Aliran Darah Pada Retina"

LAPORAN PRAKTIKUM PSIKOLOGI FAAL
Nama Mahasiswa         : Prayogi P.
NPM                              : 16513907
Tanggal Pemeriksaan  : 3 Mei 2014
Nama Asisten  : 1. Ade Mahesa
                            2. Dimas Apriyanto
Paraf Asisten  :

2.      Percobaan                                    :  Indera Penglihatan 1
Nama Percobaan                         :  Aliran Darah Pada Retina
Nama Subjek Percobaan            :  Mustika Ananda Aulia
Tempat Percobaan                      :  Laboratorium Psikologi Faal
a.      Tujuan Percobaan                :  Melihat bahwa pada mata terdapat eritrosit yang berjalan sepanjang pembuluh darah arteri/vena.
b.      Dasar Teori                            :  Pada retina terdapat dua jenis sel reseptor, yaitu sel batang (bacillus) dan sel kerucut (korus). Kedua jenis sel tersebut merupakan dua tipe reseptor yang berbeda strukturnya maupun fungsinya. Masing-masing memiliki peranan yang penting dalam penglihatan. Penyebaran sel kerucut dan sel batang pada retina tidak merata pada manusia. Mulai dari foufa (daerah yang sangat kecil pada bagian tengah retina) hingga bagian tepi retina jumlah sel kerucut makin berkurang sedangkan sel batang makin bertambah.
c.       Alat yang Digunakan            :  Senter, kaca hitam
d.      Jalannya Percobaan             :  1.1   Secara langsung, cahayakan salah satu bola mata rekan anda secara tiba-tiba, tetapi dari samping kiri/kanan dan minta kepada rekan anda untuk melirik kiri/kanan sesuai dengan cahaya dari senter, lalu lihatlah aliran darah pada retina.
1.2  Dengan kaca hitam, cahayakan salah satu bola mata rekan anda secara tiba-tiba, tetapi dengan perantara kaca hitam. Sinari bola mata rekan anda dari samping kiri/kanan dan minta kepada rekan adnda untuk melirik kiri/kanan sesuai dengan cahaya dari senter, lalu lihatlah aliran darah pada retina.
e.       Hasil Percobaan                    :  1.1   Secara langsung, eritrosit bertambah banyak dan berjalan secara lambat.
1.2   Dengan kaca hitam, eritrosit bertambah banyak dan tidak berjalan.
f.    Hasil Sebenarnya                  :  1.1   Jika praktikan melirik kea rah kiri dan dari arah kanan matanya diberi cahaya senter dan sebaliknya, maka pada retina akan terlihat pembuluh arteri (pembuluh darah yang membawa darah dari jantung ke seluruh tubuh, disebut pembuluh nadi) atau vena (pembuluh balik) yang bergerak.
g.   Kesimpulan                            :  Pada retina terdapat dua jenis sel reseptor, yaitu sel batang (bacillus) dan sel kerucut (korus). Penyebaran sel kerucut dan sel batang pada retina tidak merata pada manusia. Pada percobaan, mata yang disinarkan cahaya senter secara langsung membuat eritrosit bertambah banyak dan berjalan secara lambat dan dengan menggunakan kaca hitam, eritrosit bertambah banyak dan tidak berjalan.
h.   Daftar Pustaka                      :  Evelyn C Pearce .(2000). Anatomi dan Fisiologi Untuk Paramedis. Jakarta : PT. Gramedia
                                                         Syarif, Muhammad .(2009). Sistem Saraf dan Indera Manusia. Jakarta : Erlangga
                                                        

    


Tidak ada komentar: