Kamis, 09 Oktober 2014

Laporan Praktikum Faal "Buta Warna"

LAPORAN PRAKTIKUM PSIKOLOGI FAAL
Nama Mahasiswa         : Prayogi P.
NPM                              : 16513907
Tanggal Pemeriksaan  : 10 Mei 2014
Nama Asisten  : 1. Cindy Natalia
Paraf Asisten  :

1.      Percobaan                                    :  Indera Penglihatan 2
Nama Percobaan                         :  Buta Warna
Nama Subjek Percobaan            :  Prayogi Pangestu
Tempat Percobaan                      :  Laboratorium Psikologi Faal
a.      Tujuan Percobaan                :  Mengetahui apakah seseorang menderita buta warna atau tidak.
b.      Dasar Teori                            : Penyebab Buta warna adalah karena adanya kelainan maupun gangguan dan kerusakan pada sel kerucut di dalam retina mata. Sehingga hal ini bisa menyebabkan seorang anak menderita buta warna dan tidak bisa dan mampu untuk menangkap spektrum warna tertentu. Kelainan buta warna pada anak akan bisa menyebabkan dan juga mempengaruhi kemampuan belajar dan kualitas hidupnya di kemudian hari kelak.
Pengertian buta warna adalah ketidakmampuan seseorang mengenali warna dengan cara biasa, baik satu atau pun seluruh warna. Penyebab kondisi ini adalah kurangnya atau tidak adanya pigmen pada sel kerucut di lapisan retina mata. Pigmen inilah yang memungkinkan seseorang mengenali akan beraneka ragam jenis warna. Klasifikasi pembagian dari jenis penyakit buta warna ini terbagi menjadi dua yaitu :
·         Buta Warna Total
Buta Warna Total. Dalam hal ini seorang anak yang menderita buta warna jenis ini maka dia hanya bisa mengenali warna hanya dua saja yaitu warna hitam dan warna putih. Hal ini disebabkan oleh karena tidak adanya pigmen warna pada retina.
·         Buta Warna Parsial
Buta Warna Parsial. Dalam hal ini seorang penderita buta warna parsial mengalami defisiensi (kekurangan) pigmen sel warna di dalam sel retina matanya. Sehingga akan mengalami kesulitan dalam membedakan warna-warna tertentu.
Untuk mengetahui seseorang mengidap buta warna, maka dapat dites yaitu dengan suatu tes yang disebut dengan tes Ishihara. Dimana lingkaran-lingkaran berwarna yang beberapa diantaranya dirancang agar terdapat tulisan tertentu yang hanya dapat dilihat atau tidak terlihat oleh penderita buta warna.
c.       Alat yang Digunakan            :  Kartu/Buku Uji Stiling Istihara
d.      Jalannya Percobaan             :  1.1   Siapkan kartu/buku stiling istihara, lalu anda diminta untuk menyebutkan lingkaran-lingkaran berwarna yang beberapa diantaranya dirancang agar terdapat tulisan tertentu yang terdapat pada kartu/buku stiling istihara tersebut.
e.       Hasil Percobaan                    :  1.1   Started on Saturday, 3 May 2014, 03:04 AM
Complete on Saturday, 3 May 2014, 03:09 AM
Time taken 4 mins 33 secs
Marks 16/20
Grade 8 out of maximum of 10 (80%)
f.       Hasil Sebenarnya                  :  Tidak ada hasil sebenarnya
g.      Kesimpulan                            :  Buta warna disebabkan oleh karena adanya kelainan maupun gangguan dan kerusakan pada sel kerucut didalam retina. Buta warna adalah ketidakmampuan seseorang mengenali dengan cara biasa, baik satu atau pun seluruh warna. Test Istihara dapat menunjukan bahwa anda menderita buta warna atau tidak. Semakin banyak Anda dapat menyebutkan angka, maka semakin baik kondisi mata Anda dan sebaliknya.
h.      Daftar Pustaka                      :  Syarif, Muhammad .(2009). Sistem Saraf dan Indera Manusia. Jakarta : Erlangga.
Firmansyah, Rikky .(2007). Mudah dan Aktif Dalam Belajar Biologi. Bandung : PT. Setia Purna Invez.
Ilyas, S .(2010). Ilmu Penyakit Mata. Edisi Ketiga. Jakarta : Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia

     

Tidak ada komentar: