Kamis, 09 Oktober 2014

Laporan Praktikum Faal "Maxwell"

LAPORAN PRAKTIKUM PSIKOLOGI FAAL
Nama Mahasiswa         : Prayogi P.
NPM                              : 16513907
Tanggal Pemeriksaan  : 10 Mei 2014
Nama Asisten  : 1. Cindy Natalia
Paraf Asisten  :

3.      Percobaan                                    :  Indera Penglihatan 2
Nama Percobaan                         :  Maxwell
Nama Subjek Percobaan            :  Prayogi Pangestu
Tempat Percobaan                      :  Laboratorium Psikologi Faal
a.      Tujuan Percobaan                :  Membuktikan adanya kelambatan (delay) retina; terjadinya pencampuran warna secara subjektif serta kontras yang stimultan.
b.      Dasar Teori                            :  Retina adalah selapis tipis sel yang terletak pada bagian belakang bola mata vertebrata dan cephalopoda. Retina merupakan bagian mata yang mengubah cahaya menjadi sinyal syaraf. Retina memiliki sel fotoreseptor ("rods" dan "cones") yang menerima cahaya. Sinyal yang dihasilkan kemudian mengalami proses rumit yang dilakukan oleh neuron retina yang lain, dan diubah menjadi potensial aksi pada sel ganglion retina. Retina tidak hanya mendeteksi cahaya, melainkan juga memainkan peran penting dalam persepsi visual. Pada tahap embrio, retina dan syaraf optik berkembang sebagai bagian dari perkembangan luar otak.
Kelambatan dari retina disebabkan oleh stimulasi cahaya yang berturut-turut dengan jarak antar stimulasi yang sangat dekat, menimbulkan penglihatan cahaya yang berkedip-kedip. Frekuensi minimal dimana penghantaran cahaya berkedip-kedip menjadi penglihatan cahaya yang terus menerus disebut frekuensi fusi.
Dalam proses penglihatan warna ada dua macam pencampuran, yaitu pencampuran warna adisi dan substaktif. Alat untuk melihat warna putih dari spektrum ialah maxwell, yaitu berupa lingkaran karton yang diputar. Apabila dua warna atau lebih diputar dengan cepat, maka ajan membentuk warna putih, campuran warna yang demikian disebut pencampuran adisi, artinya penambahan. Sedangkan campuran yang lain, misalnya pada cat disebut substraksi, artinya pengurangan.

c.       Alat yang Digunakan            :  Komputer (http://remotelab.fpsi.gunadarma.ac.id/psi)
d.      Jalannya Percobaan             :  1.1   Buka link diatas, kemudian bila soal dalam bentuk video sudah tampil, maka yang harus anda lakukan adalah memplay video tersebut. Kemudian amati video tersebut dan jawablah nama warna yang signifikan tampil pada  pencampuran warna yang terjadi pada video tersebut.
e.       Hasil Percobaan                    :  1.1   Started on Saturday, 3 May 2014, 03:34 AM
Complete on Saturday, 3 May 2014, 03:40 AM
Time taken 5 mins 30 secs
Marks 1/5
Grade 2 out of maximum of 10 (20%)
f.       Hasil Sebenarnya                  :  -
g.      Kesimpulan                            :  Kelambatan dari retina disebabkan oleh stimulasi cahaya yang berturut-turut dengan jarak antar stimulasi yang sangat dekat, menimbulkan penglihatan cahaya yang berkedip-kedip. Dalam proses penglihatan warna ada dua macam pencampuran, yaitu pencampuran warna adisi dan substaktif. Hasil dari percobaan Maxwell adalah dari 5 pencampuran warna yang terjadi, hanya 1 yang bisa terjawab hasil pencampuran warnanya.
h.      Daftar Pustaka                      :  Abdullah, Mikrajuddin., Saktiyono., Lutfi .(2009). IPA Terpadu SMP dan MTs Jilid 3B Untuk Kelas IX. Jakarta : Erlangga
Gyton, A, C .(1983). Buku Teks Fisiologi Kedokteran. Jakarta : CV.EGC.
Syarif, Muhammad .(2009). Sistem Saraf dan Indera Manusia. Jakarta : Erlangga.




Tidak ada komentar: