Sabtu, 04 Oktober 2014

Laporan Praktikum Faal "Diplopia"

LAPORAN PRAKTIKUM PSIKOLOGI FAAL
Nama Mahasiswa        : Prayogi P.
NPM                             : 16513907
Tanggal Pemeriksaan : 3 Mei 2014
Nama Asisten  : 1. Ade Mahesa
                            2. Dimas Apriyanto
Paraf Asisten  :

5.      Percobaan                                    :  Indera Penglihatan 1
Nama Percobaan                         : Diplopia
Nama Subjek Percobaan            :  Prayogi Pangestu
Tempat Percobaan                      :  Laboratorium Psikologi Faal
a.      Tujuan Percobaan                :  Membuktikan terjadinya diplopia atau adanya titik-titik disparat yang memberikan kesan rangkap (dobel)
b.      Dasar Teori                            : Diplopia atau penglihatan ganda adalah suatu gangguan penglihatan yang mana obyek terlihat dobel atau ganda. Titik disparat adalah titik-titik garis benda bayangan yang tidak sejelas garis benda asli. Kesan rangkap dua atau dobel ini terjadi karena titik identik (bintik kuning atau fovea nasalis) diganggu karena ada pergeseran letak bintik kuning saat pelupuk mata ditekan. Bila kita melihat satu benda dengan kedua mata maka benda tersebut dapat terlihat dengan baik karena jatuh di titik identik, tetapi bila salah satu bola mata terganggu maka akan terlihat benda rangkap (diplopia) karena tidak jatuh di titik identik. Diplopia dibagi menjadi dua jenis, Diplopia binokular yaitu penglihatan ganda terjadi apabila subjek melihat dengan kedua mata dan menghilang bila salah satu mata ditutup. Diplopia monokular yaitu diplopia yang hanya terjadi pada satu mata.
c.       Alat yang Digunakan            :  Spidol (alat tulis)
d.      Jalannya Percobaan             :  1.1   Ambil spidol/alat tulis dan tataplah benda tersebut, lalu tekan kelopak mata anda kemudian lihatlah spidol/alat tulis.
e.       Hasil Percobaan                    :  1.1   Ketika kelopak anda ditekan, maka spidol/alat tulis tersebut berbayang dan memberi kesan dobel.
f.    Hasil Sebenarnya                  :  Melihat rangkap (double).               
g.   Kesimpulan                            :  Diplopia atau penglihatan ganda adalah suatu gangguan penglihatan yang mana obyek terlihat dobel atau ganda. Diplopia dibagi menjadi dua jenis yaitu binokular dan monokular. Diplopia binokular yaitu penglihatan ganda terjadi apabila subjek melihat dengan kedua mata dan menghilang bila salah satu mata ditutup. Diplopia monokular yaitu diplopia yang hanya terjadi pada satu mata. Ketika bola mata kita ditekan, maka yang terjadi disekitatr kita adalah rangkap (double).
h.   Daftar Pustaka                      :  Pinel J.P.J .(2009). Biopsikologi .Yogyakarta :   Pustaka Pelajar
                                                         Ilyas, S .(2010). Ilmu Penyakit Mata. Edisi Ketiga. Jakarta : Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia
    




Tidak ada komentar: