Jumat, 31 Oktober 2014

Penyebab Seseorang Kecanduan Internet dan Solusi Untuk Mengatasinya

Apa yang menyebabkan seseorang kecanduan internet?
Internet merupakan bukti kemajuan pada zaman modern ini. Bahkan kita sendiri tidak bisa mengelakkan bahwa kita sendiri tidak bisa terlepas dari hal – hal yang berhubungan dengan internet. Tetapi banyak yang salah menggunakan internet itu dan banyak juga orang – orang yang menjadi pecandu internet.

 “Simple aja sih, menurut gue sih internet itu sama halnya seperti rokok, awalnya coba – coba tapi ujung – ujungnya bisa membuat kecanduan. Sedikit cerita juga sih, awal gue ngegunain yang namanya internet itu juga nyoba – coba. Awalnya sih emang awam banget, gaptek, ga ngerti apa – apa. Ya.. jelaslah, jaman – jaman gue sd dulu, komputer sih hanya digunakan anak – anak sd pada umumnya untuk belajar Microsoft office dan paint, ya palingan juga kalo bete malah mainan game – game dari Microsoft itu sendiri, seperti minesweeper dan hearts serta solitaire. Oke balik lagi ke cerita, Gue kenal internet itu waktu kelas 1 SMP, yaa.. mungkin jaman – jamannya friendster masih popular. Hampir tiap hari gue ke warnet cuma untuk buka friendster, ya gue sendiri juga ga tau, kenapa tuh friendster malah bikin kecanduan. Padahal nih ya, friendster cuma gitu – gitu aja, mantengin testimoni, ganti – ganti background, yaa palingan juga sama masukin foto dan lagu, nah terus didengerin deh tuh lagu sambil nyoba – nyoba ngotak – ngatik friendster supaya tampilannya menarik. Yang anehnya lagi tuh, gue seminggu bisa 3 kali ke warnet dan ngelakuin aktivitas - aktivitas tadi dan menurut gue saat itu ga ada bosennya.”

Yaa.. Menurut gue, kesimpulan yang bisa diambil dari cerita gue diatas sih, seseorang dapat kecanduan internet itu, karena setiap seseorang itu punya keinginan tahu yang sangat tinggi. Setiap orang itu punya rasa ingin mencoba sesuatu yang baru dan bila sesuatu yang baru tersebut sudah berhasil dikuasainya, mungkin orang tersebut akan terus melakukan aktivitas baru tersebut secara terus menerus. Apalagi seiring berjalannya waktu, internet itu sendiri selalu menambah dan menyediakan fitur – fitur dan situs – situs terbaru untuk para pengaksesnya.
Adanya gadget – gadget canggih menjadi salah satu faktor kenapa seseorang itu dapat kecanduan internet. Kenapa engga? Jaman sekarang, gadget lebih sering digunakan untuk bersosial media, bermain game online, chatting yang semuanya itu harus menggunakan layanan internet. Ya… bahasa alaynya sih, “ga ada kuota internet, hidup terasa hampa”.
Pada umumnya, seseorang yang kecanduan internet akan menghabiskan banyak waktunya di depan layar monitor sambil asyik berseluncur di dunia maya tanpa memperdulikan kondisi sekitarnya.
Solusi mengatasi kecanduan internet
Ngomongin internet itu sama aja kaya ngomongin cinta, ga ada habisnya. Internet selalu menghadirkan fitur – fitur terbaru dan akan terus meningkat seiring dengan perkembangan zaman.
Nih.. gue kasih solusi mengatasi kecanduan internet.
·         Mengatur waktu, mulailah mengatur waktu untuk beraktivitas, dengan mengatur waktu, maka waktu untuk beraktivitas dan waktu untuk mengakses internet seimbang dan teratur.
·         Berkomunikasi dengan teman selingkungan, seorang yang menjadi pecandu internet, bisa dikatakan gagal di dunia nyata, jadi dia memutuskan untuk berkomunikasi di dunia maya. Mulailah berkomunikasi dan membiasakan diri dengan teman sepermainan, dengan begitu, seorang pecandu internet akan terlatih kemampuan berkomunikasinya di dunia nyata.
·         Menyibukkan waktu, sibukkan waktu dengan hal – hal positif. Misalnya membaca buku, menulis cerita atau berolahraga dengan teman – teman, dengan begini, maka waktu untuk mengakses internet telah teralihkan ke aktivitas positif.
·         Membatasi waktu untuk mengakses internet, mulailah untuk membatasi waktu. Misalnya ketika kita mendapat tugas dan harus mendapat referesinya dari internet, cukuplah gunakan internet untuk mencari tugas tersebut. Tidak untuk membuka situs – situs lainnya. Bila ingin membuka media sosial, batasi juga, misalnya cukup untuk melihat notifikasi dan membalas chat dari seseorang serta ketika bermain game online, batasi juga, misalnya cukup dengan satu jam saja. Gunakanlah internet dengan secukupnya dan dengan pemakaian yang wajar. Lakukan dengan teratur, karena dengan begitu, lama kelamaan kita akan bisa membatasi waktu untuk mengakses internet.
·         Minta dukungan dan berkomunikasi keluarga, Seorang pecandu internet, mungkin kurang dekat dengan keluarga. Mulailah meminta dukungan dari keluarga dan juga mulailah berkomunikasi dengan keluarga.

Lagu yang pas buat para pecandu internet adalah lagunya saykoji yang judulnya online. Kalau mau lihat liriknya klik disini.

Referensi : Pengalaman Pribadi
                 http://liriklaguindonesia.net/saykoji-online.htm






Tidak ada komentar: