Kamis, 09 Oktober 2014

Laporan Praktikum Faal "Black Dots"

LAPORAN PRAKTIKUM PSIKOLOGI FAAL
Nama Mahasiswa         : Prayogi P.
NPM                              : 16513907
Tanggal Pemeriksaan  : 10 Mei 2014
Nama Asisten  : 1. Cindy Natalia
Paraf Asisten  :

5.      Percobaan                                    :  Indera Penglihatan 2
Nama Percobaan                         :  Black Dots
Nama Subjek Percobaan            :  Prayogi Pangestu
Tempat Percobaan                      :  Laboratorium Psikologi Faal
a.      Tujuan Percobaan                :  Membuktikan beberapa banyak bulatan hitam yang dapat dilihat dari bulatan – bulatan putih yang terletak di sudut kotak hitam.
b.      Dasar Teori                            : Pada retina terdapat dua macam sel reseptor (fotoreseptor), yaitu sel kerucut (sel conus) dan sel batang (bacillus). Pada hakekatnya, pengolahan informasi penglihatan dalam retina menyangkut pembentukkan 3 buah bayangan.
Bayangan pertama yang dibentuk oleh efek cahaya pada fotoreseptor diubah menjadi bayangan kedua dalam sel-sel bipolar dan kemudian diubah menjadi bayangan ketiga dalam sel-sel ganglion.
Pada pengubahan bayangan kedua, impuls diubah oleh sel horizontal, pada pembentukkan bayangan ketiga, impuls diubah lagi oleh sel-sel amacrin. Di bagian lobus occipitalis ini terjadi fungsi kedua bayangan dari mata kanan dan kiri, artinya kedua bayangan tadi diolah menjadi satu bayangan dalam kesadaran manusia.
Penipuan penglihatan dapat terjadi bila sinat yang masuk tidak jatuh pada bagian sentral dari retina. Penipuan penglihatan ini disebut Fenomena fosfen. Untuk membuktikan adanya fenomena fosfen dapat menggunakan tes Black Dots, dimana tujuan dari percobaan Black Dots adalah dengan membuktikan berapa banyak bulatan hitam yang dapat dilihat dari bulatan-bulatan putih yang terletak disudut kotam hitam.
c.       Alat yang Digunakan            :  Kertas bergambar kotak – kotak hitam dan bulatan putih ditiap sudut.
d.      Jalannya Percobaan             :  1.1   Anda diminta untuk memperhatikan kertas bergambar kotak – kotak hitam dan bulatan putih ditiap sudutnya. Fokus terhadap satu bulatan putih, lalu lihatlah titik hitam yang tampil disekitarnya.
e.       Hasil Percobaan                    :  1.1   Terdapat banyak titik hitam.
f.       Hasil Sebenarnya                  :  Jumlah bulatan hitam tidak terhingga.
g.      Kesimpulan                            :  Pada hakekatnya, pengolahan informasi penglihatan dalam retina menyangkut pembentukkan 3 buah bayangan. Black Dots adalah dengan membuktikan berapa banyak bulatan hitam yang dapat dilihat dari bulatan-bulatan putih yang terletak disudut kotam hitam.
Dari percobaan Black Dots bisa disimpulkan bahwa ketika mata fokus terhadap satu titik putih, maka akan tampil titik – titik hitam yang tak terhingga di sekitarnya.
h.      Daftar Pustaka                      :  Puspitawati, Ira. (1998). Psikologi Faal. Depok : Universitas Gunadarma
Gyton, A, C .(1983). Buku Teks Fisiologi Kedokteran. Jakarta : CV.EGC.
Syamsuri, Istamar .(2007). Biologi untuk SMA  kelas XI semester 2. Jakarta: Penerbit Erlangga.

    



Tidak ada komentar: